Monday, January 15, 2018

Google Doodle 16 Januari 2018, Tokoh Jurnalis & Artis Terpopuler



Terkenal dengan perannnya sebagai karakter "femme fatale", Katy Jurado mencapai popularitasnya sebagai bintang di industri perfilman Meksiko dan Hollywood. Tidak seperti Del Rio atau Maria Felix, Katy Jurado bukan sekadar memiliki kecantikan yang klasik. Namun bentuk matanya yang besar menjadikan sorotan mata Katy Jurado tajam dan memberikan isyarat kuat berkarakter. Ciri khas Katy Jurado ini memainkan peranan penting dalam karir keaktrisannya di Amerika Serikat. 

Katy Jurado mendapatkan nominasi Academy Award untuk peran pendukungnya di tahun 1954 sebagai istri Indian Spencer Tracy dalam filmnya Broken Lance. Katy Jurado yang merupakan aktris asal Meksiko ini diingat karena penampilannya di lebih dari 70 film Amerika Barat dan Meksiko pada tahun 1940-an, 1950-an, dan 1960-an. Google bahkan merayakan hari ulang tahun Katy Jurado ini secara khusus melalui Doodle mereka hari ini. Ya, Ulang Tahun ke-94 Katy Jurado. 

Memulai debut sinemanya di film Meksiko pada 1943, sambil ia menapaki ketenarannya sebagai aktris, Katy Jurado juga pernah bekerja sebagai jurnalis. Berakting di film bukan satu-satunya profesi Katy Jurado, ia juga menulis fitur, ulasan film dan sebagai penulis untuk surat kabar Meksiko. The Guardian.com menyebutkan Katy Jurado juga seorang komentator radio.

Sebagai seorang remaja belasan tahun, Katy Jurado pernah dilarang berakting oleh keluarganya. Akan tetapi Katy Jurado bertekad untuk menandatangani kontrak pertamanya secara diam-diam. Karirnya dimulai dengan beberapa film yang diproduksi selama masa keemasan perfilman Meksiko, termasuk film La Vida Inutil de Pito Perez yang sukses di tahun 1943.

Keluarga kaya raya

Katy Jurado yang meninggal pada 5 Juli 2002 di usianya yang ke 78 tahun, sebenarnya berasal dari keluarga kaya raya. Bahkan kala itu, keluarga Katy Jurado memiliki keseluruhan dari apa yang saat ini adalah Texas. Revolusi Meksiko, menyebabkan kebangkrutan keluarga Katy Jurado.

"Keluargaku tidak lagi kaya raya, tapi mereka tetap hidup seperti itu," ungkap Katy Jurado menanggapi kebangkrutan keluarganya.

Ayah Katy Jurado adalah seorang peternak sapi dan pemilik kebun jeruk. Ibunya mantan penyanyi opera yang sudah pensiun dari panggung karena menikah.

Katy Jurado merupakan salah satu aktris Meksiko yang paling popular di film Amerika yang dibuat pada tahun 1950-an. Katy Jurado adalah bintang utama yang paling bersinar di sinema Meksiko. 

Film pertama Katy Jurado di Hollywood adalah Bullfighter dan Lady di tahun 1951. Dengan usaha yang keras dari Katy Jurado ia berhasil melafalkan dan menghafalkan naskah dalam bahasa Inggris. Padahal pemahaman bahasa Inggris Katy Jurado terbatas dan ia hanya menghafalkan "suara" dari kalimat di naskah. 

Pemberani dan memikat

Meski demikian, penampilan karakter Katy Jurado yang kuat menarik perhatian seorang produser Hollywood terkenal. Katy Jurado memainkan karakter penting Helen Ramirez dengan sangat terampil sehingga Katy Jurado berhasil memenangkan Golden Globe Award untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik. Penghargaan ini awal bagi penghargaan lainnya bagi Katy Jurado termasuk Silver Ariel Awards dan nominasi beberapa Academy Awards. 

Di luar layar, Katy Jurado adalah wanita pemberani dan berjiwa yang memikat semua orang di sekitarnya. Bahkan aktor Marlon Brando dan novelis ternama Louis L'Amour terpikat olehnya. Katy Jurado menggambarkan kecantikan wanita Meksiko kala itu yang khas dan memiliki daya tarik seksualitas yang tinggi.

Bakat Katy Jurado dalam menggambarkan berbagai karakter membantu Katy Jurado memperluas perannya sebagai aktris Meksiko di Hollywood.

Tags:
Katy Jurado
google doodle
film
Meksiko
Hollywood


Sumber : Pikiran Rakyat

2 komentar: