Wednesday, November 29, 2017

SITUS BELANJA ONLINE PALING POPULER SAAT "HARBOLNAS"



Bermula dari raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba yang mempupulerkan belanja online pada Singles Day setiap 11 November, sejumlah perusahaan e-commerce Asia turut meramaikan momen yang dikenal dengan 11.11 itu. Perusahaan e-commerce Indonesia pun tak ketinggalan. Sebut saja Blanja, Blibli, Bukalapak, Elevenia, Lazada, Shopee, dan Zalora.

Menanggapi tingginya antusiasme warganet di Indonesia pada Singles Day, perusahaan agregator belanja online iPrice Group pun melakukan riset untuk mengetahui popularitas perusahaan e-commerce pada 11 November lalu.

Berdasarkan wilayah, hasil riset iPrice Groupmenunjukkan bahwa popularitas e-commerce di Indonesia didominasi oleh 3 perusahaan, yakni Bukalapak, Lazada, dan Shopee.

Lazada mendapat popularitas tertinggi di Indonesia dengan mendominasi 21 provinsi, di antaranya Banten, Jawa Barat, dan Sumatera Barat sebagai 3 provinsi dengan nilai ketertarikan tertinggi. Strategi yang dilakukan Lazada adalah mempromosikan pesta diskon 11.11 sejak beberapa minggu sebelum 11 November. Lazada gencar menarik perhatian publik melalui iklan offline maupun online. Lazada juga menggaet sejumlah social media infuencer untuk meningkatkan kesadaran publik.

Shopee mengikuti Lazada di posisi kedua tertinggi dengan mendominasi 11 provinsi di Indonesia, di antaranya Bangka Belitung, Bengkulu, dan Kepulauan Riau dengan nilai ketertarikan tertinggi terhadap Shopee. Shopee meningkatkan kesadaran publik akan pesta diskon 11.11 dengan memanfaatkan halaman utama situs mereka. Pada halaman utama situs Shopee terpampang berbagai macam produk beserta persentase diskon yang ditawarkan.

Bukalapak menggenapi 3 posisi teratas hasil riset iPrice Group dengan mendominasi 2 provinsi, yakni Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara. Dalam mempromosikan momen 11.11, Bukalapak menggunakan program “Nego Terus Sampai Jodoh” yang memungkinkan pembeli untuk melakukan negosiasi harga sebanyak tiga kali untuk satu jenis barang.

Selain ketiga perusahaan di atas, sejumlah perusahaan e-commerce lain seperti Zalora dan Tokopedia juga mengalami peningkatan popularitas. Meski kenaikannya tidak setajam Lazada, Shopee, dan Bukalapak, namun  momentum 11.11 akhirnya mengembaikan popularitas perusahaan-perusahaan ecommerce di Indonesia.